Minggu, 27 Maret 2011

Penyebab Munculnya Jerawat

Acne - Jerawat (Image: WEB)

Mayoritas orang, baik laki-laki maupun perempuan pernah mengalami munculnya jerawat di wajah. Kalau dalam jumlah dan frekuensi yang wajar sepertinya tidak menjadi masalah. Akan tetapi kalau dalam jumlah banyak dan frekuensi sering baru menjadi masalah.

Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan. (http://id.wikipedia.org/).

Jerawat sering muncul pada masa pubertas antara umur 14 – 19 tahun yang dipengaruhi oleh perubahan hormon pada remaja baik laki-laki maupun perempuan.

Dari hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

Penyebab munculnya jerawat
Beberapa faktor penyebab munculnya jerawat antara lain:
  1. Stres
  2. Faktor keturunan dari orangtua
  3. Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  4. Kelenjar minyak yang hiperaktif
  5. Bakteri di pori-pori kulit
  6. Iritasi kulit atau karena garukan
  7. Anabolic steroid
  8. Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
  9. Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne
Uraian di atas merupakan definisi dari jerawat dan faktor-faktor penyebabnya. Yang terpenting adalah bagaimana kita mencegah munculnya jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar